APLIKASI POINT OF SALE DI SPACE RANGER MEDAN
Keywords:
Manajemen hubungan pelanggan, point of sales, electronic commerce, Unified Modeling LanguageAbstract
Perkembangan dunia bisnis mendorong perusahaan untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kepada konsumen. Layanan pembelian barang dapat dilakuan secara elektronik dan juga dapat dilakukan secara online atau electronic commerce. Penerapan solusi bisnis tersebut merupakan komitmen dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan korporatnya dalam hal efisiensi, efektivitas, kinerja, serta pengembangan bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan analisis dan perancangan aplikasi point of sale (POS) untuk mendukung sistem layanan pembelian yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah dalam pengelolaan data. Pembuatan aplikasi POS ini dimulai dari pengumpulan seluruh data-data yang dibutuhkan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, perancangan model aplikasi dengan pendekatan diagram berbasis obyek dengan alat bantu perancangan aplikasi berupa diagram alir / flowchart dan Unified Modeling Language (UML) hingga diimplementasikannya aplikasi POS ini. Dengan diterapkannya aplikasi point of sales (POS) ini dapat membantu tugas-tugas pihak-pihak terkait atau seluruh stake-holder yang berhubungan langsung dengan aplikasi POS ini.
References
AXOPOS. 2012. Point Of Sale, http://www.axopos.com/article/point-of- sale-71.html (diakses 27 April 2015).
GINTORO, EDWIN, 2008. Perancangan Aplikasi
Point Of Sales Berbasiskan CustomerRelationship Management Pada Toko Buku Notre-Dame. Jurnal CommIT, Vol. 2 No. 1 Mei 2008 Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. (diakses 27 April 2015)
HARIS KLANA SANIF, 2010. Pengaruh Penerapan Aplikasi POS (Point Of Sale) Berbasis Komputer Terhadap Kecepatan Proses Transaksi Penjualan Dan Pembelian. Laporan karya ilmiah|Tugas Akhir| Fakultas Ekonomi Universitas Jember 2010. (diakses 27 April 2015)
HARTONO, PETRUS, 2009. Analisis Dan
Perancangan Aplikasi Point Of Sales Yang Terhubung Dengan Electronic Data Capture. Laporan karya ilmiah|Tugas Akhir| Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. (diakses 27 April 2015)
IMANUEL ABDI RIDARTA GINTING, 2011,
Rancangan & Implementasi Point Of Sales (POS) Berbasis Web Pada Distro Previous. Laporan Naskah Publikasi|Tugas Akhir| Program Studi Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta (diakses 27 April 2015)
JOGIYANTO 2008, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
NOVITA, 2014, Perancangan Sistem Informasi Point Of Sale (POS) Pada PD.Tokyo. Laporan karya ilmiah|Tugas Akhir| Program Studi Sistem Informasi STMIK MDP 2014. (diakses 27 April 2015)
PERMANA, SILVESTER DIAN HANDY. 2014.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Toko Dika. Seminar Nasional|Prosiding Seminar Nasional Literasi Informasi (SENARAI). ISBN 979-458-762-1 Senarai
Medan Universitas Sumatera Utara 1
Desember 2014.
TRIO RULIA WINDA AFRIANTO, 2010, Analisis dan Implementasi Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Menggunakan Model Reuse-Oriented Berbasis Framework AHADPOS. Laporan karya ilmiah | Tugas Akhir | Program Studi Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Malang. (diakses 27 April 2015)
WIDIANTO, 2013, Perancangan Sistem Point of Sales (POS) Pada Toko Koperasi Jasa Pakarti Semarang (PT. Jasa Marga Tbk Cabang Semarang). Laporan karya ilmiah | Tugas Akhir| Program Studi Sistem Informasi| Fakultas Ilmu Komputer | Universitas Dian Nuswantoro Semarang | 2013. (diakses 27 April 2015)